Jumat, 17 Juni 2016

TUGAS AKHIR MATKUL MATEMATIKA SD KELAS TINGGI SEMESTER 4


Pengembangan Indikator

Diajukan untuk mata kuliah

Pendidikan Matematika Kelas Tinggi


Dosen Pengampu:

Mohammad Faizal Amir, M.Pd





Penulis :

Bella Meryzca Purnama            (148620600181)







UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

JURUSAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

2015/2016





Pengembangkan Indikator



Standar Kompetensi

5.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah



Kompetensi Dasar

5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala



Kelas/Semester : V/II

Topik : pecahan dalam masalah perbandingan dan skala



Indikator :

1. RANAH KOGNITIF

a. Menjelaskan pecahan sebagai arti perbandingan dan skala (C2)

b. Mengubah perbandingan dan skala dalam bentuk pecahan (C2)

2. RANAH AFEKTIF

a. Mengelola pecahan dalam masalah perbandingan dan skala (A4)

b. Memecahkan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala (A5)

3. RANAH PSIKOMOTORIK

a. Menempatkan benda dengan perbandingan (P2)



Tujuan

1.      Dengan metode ceramah, siswa dapat menjelaskan pecahan sebagai arti perbandingan dan skala

2.      Dengan metode diskusi, siswa dapat mengubah perbandingan dan skala dalam bentuk pecahan

3.      Dengan metode diskusi, siswa dapat mengelola pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

4.      Dengan metode diskusi, siswa dapat memecahkan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala perbandingan dan skala

5.      Dengan model picture and picture, siswa dapat menempatkan benda dengan perbandingan



Indikator yang dipilih untuk membuat skenario pembelajaran adalah :

1. Siswa dapat memecahkan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala perbandingan dan skala

Sehingga pembelajaran yang cocok digunakan untuk memfasilitasi siswa pada indikator tersebut adalah pembelajaran model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL)

Pendekatan dan metode pembelajaran :

Ø  Pendekatan pembelajaran: menggunakan pendekatan kontekstual (kontruktivisme, bertanya,refleksi, penilaian)

Ø  Model pembelajaran: kooperatif

Ø  Metode Pembelajaran: ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi terbimbing, presentasi



Materi : Perbandingan dan Skala

Media yang digunakan :

·  Pita berukuran 2cm dan 5cm

·  Penggaris

·  Denah







Kegiatan Pembelajaran



No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
  1.  
Pendahuluan :
  1. Guru menyampaikan salam pembuka
  2. Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum melakukan pembelajaran
  3. Guru melakukan presensi siswa
Apersepsi
  1. Guru mengingatkan kembali materi yang sebelumnya yaitu tentang mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
Misal :
  • Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang bilangan cacah dalam bentuk romawi. (berapakah hasil dari  x  ? )
Fase 1: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  2. Guru memotivasi siswa dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
10 menit
2
Inti :
Fase 2 : menyajikan informasi
  1. Guru memberikan pertanyaan  berupa materi tentang perbandingan dan skala. (coba siapa disini yang bisa menyatakan perbandingan dan skala dalam bentuk pecahan?)
  2. Guru membagi 2 buah pita yang tidak sama panjang beserta denah dan juga penggaris. Lalu siswa diminta untuk mengukur kedua pita tersebut dan membandingkannya. Siswa juga diminta untuk menghitung sebuah denah dan menuliskannya dengan mengubah ke bentuk pecahan menurut yang diketahui oleh siswa.
  3. Guru memberikan stimulus kepada siswa berupa pertanyaan-pertanyaan.
-         Misalnya: berapa cm pita A yang ada di depan kalian sekarang? Bandingkanlah dengan pita B. Lalu setelah itu coba hitung skala pada denah yang sudah kalian terima
-         Masing-masing jumlahnya berapa? Lalu bagaimana perbandingannya? Dapatkah diubah dalam bentuk pecahan? Dan bagaimana dengan skala? Apakah kamu bisa mengubah skala ke bentuk pecahan? Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita diskusikan bersama – sama
Fase 3 : mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok – kelompok belajar
  1. Guru membentuk siswa menjadi 3 kelompok
  2. Guru memberikan Lembar Kerja kepada masing-masing kelompok
Fase 4 : membimbing siswa bekerja dan belajar dalam kelompok
  1. Guru meminta siswa memahami Lembar Kerja secara individu
  2. Guru membimbing siswa untuk mengukur benda yang panjangnya berbeda dan memahami skala pada denah
  3. Guru meminta siswa untuk saling berdiskusi dalam kelompok membahas dan menyelesaikan  LK tersebut (kontruktivisme)
  4. Selama siswa berdiskusi, guru berkeliling mengawasi kegiatan diskusi siswa
  5. Guru meminta siswa untuk bertanya apabila ada pertanyaaan mengenai konsep masalah yang diberikan
Fase 5 : Evaluasi
  1. Guru meminta setiap kelompok menunjukkan dan mempresentasikan hasil kerjanya
  2. guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi siswa (refleksi)
fase 6 : penghargaan kelompok
  1. guru memberikan penghargaan kepada setiap kelompok
30 menit
3
Penutup
  1. guru bersama –sama siswa merangkum materi keseluruhan (refleksi)
  2. guru menyampaikan kepada siswa bahwa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
  3. Guru menyampaikan salam penutup dan berdo’a bersama.
5 menit










LEMBAR KERJA SISWA 1

(LKS 1)

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

MATERI POKOK : PERBANDINGAN

KELAS / SEMESTER : V/II

WAKTU : 15 Menit


Kelompok :

Nama Anggota :

1.      ……….

2.      ……….

3.      ……….

4.      ……….

5.      ……….

Tujuan :

1. Dengan metode diskusi, siswa dapat memecahkan soal yang terkait dengan perbandingan

Alat dan Bahan :

1.      Pensil

2.      Penghapus

3.      Penggaris

4.      Benda-benda yang sama jenis tetapi tidak sama panjang

Langkah kerja :

1.      Kumpulkan benda yang sama tetapi tidak sama panjang di sekitar kalian

2.      Tulislah benda yang tersebut pada kolom di bawah ini

3.      Ukurlah panjang benda menggunakan penggaris

NO
NAMA BENDA
PANJANG (cm)
1




2




3




4







5. Jelaskan letak perbedaan antara dua benda yang sejenis tersebut!

...........................................................................................................................

...........................................................................................................................



6.   Apakah bisa perbandingan dinyatakan dalam bentuk pecahan? Jelaskan!

........................................................................................................................................................................................................................................................



7.   Apakah bisa pecahan dinyatakan dalam bentuk perbandingan? Jelaskan!

      ...........................................................................................................................              



8.   Tulislah 1 perbedaan tersebut dalam perbandingan!

...........................................................................................................................

...........................................................................................................................

.....

9.   Tulislah 1 perbandingan yang kalian temukan dalam bentuk pecahan!

..........................................................................................................................

...........................................................................................................................

10. Tulis kesimpulanmu!

...........................................................................................................................

..........................................................................................................................



Lembar Jawaban



NO
NAMA BENDA
PANJANG
1
Pita Kuning
15 cm
Pita Merah
6 cm
2
Pensil Hijau
12 cm
Pensil Ungu
9 cm
3
Buku BSE
25 cm
Note book
15 cm
4
Penghapus C
5 cm
Penghapus D
7 cm



5.   Perbedaannya yaitu karena panjang dari masing-masing benda tidak sama

6.   Bisa, perbandingan dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, misalnya 5 : 7 (lima berbanding tujuh) dapat ditulis dalam bentuk   (lima per tujuh)

7.   Bisa, pecahan dapat dinyatakan dalam bentuk perbandingan, misalnya   (lima belas per enam) dapat ditulis dalam bentuk 15 : 6 (lima belas berbanding enam)

8.   Pita Kuning            15 cm               15:6

       Pita Merah            6 cm

9.   15 : 6          

10.   Perbandingan adalah membandingkan dua nilai dari suatu besaran yang sejenis. Perbandingan dapat dinyatakan dalam pecahan misalnya 5 : 7                      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar