Jumat, 17 Juni 2016

Silabus Kelas II Semester I


SILABUS PEMBELAJARAN



Nama Sekolah                                       :   ............................

Tema                                                      :   Kegiatan Sehari-hari

Kelas                                                       :   II

Semester                                                 :   1



Kompetensi Dasar
Pokok Pembe-lajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
PKn
§  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§  Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
IPS
§  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
Matematika
§  Membandingkan bilangan sampai 500
§  Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§  Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
IPA
§  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§  Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
§  B. Indonesia
§  Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§  Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§  Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§  Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
SBK
§  Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§  Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi

Hidup rukun, tolong-menolong





Dokumen Keluarga



Bilangan


















Bagian tubuh hewan dan tumbuhan











Kegiatan



























Unsur seni rupa
§  Disiplin
§  Tekun
§  Tanggung jawab
§  Ketelitian
§  Kerja sama
§  Toleransi
§  Percaya diri
caya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
§  Percaya diri
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko
§  Kepemimpinan
§   memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§   menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§   memelihara benda penting di lingkungan keluarga
§   menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§   menyimak cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§   membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§   melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§   menyimak cara menggunakan alat ukur waktu  dengan satuan jam
§   mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
§   mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§   mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§   mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
§   bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§   menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§   menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§   menyimak isi puisi yang di baca bersama
§   menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.
§   mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§   memilih objek benda alam yang menarik
§   mengenal unsure bunyi dan musik
§   memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§   menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§   memelihara benda penting di lingkungan keluarga
§   menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§   menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§   membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§   melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§   menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu  dengan satuan jam
§   mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
§   mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§   mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§   mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
§   bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§   menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§   menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§   menyimak isi puisi yang di baca bersama
§   menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.
§   mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§   memilih objek benda alam yang menarik
§   mengenal unsure bunyi dan musik
Tugas individu
Tugas kelom-pok

§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Apa saja contoh tolong-mrnolong di lingkungan sekolah?
§  Apa yang harus kamu lakukan untuk menyimpan dokumen penting keluarga?
§  Berapa hasil dari 251+333?
§  Apa saja bagian tubuh hewan?
§  Apa saja bagian tubuh tumbuhan?
§  Bacakan puisi di depan kelamu !
§  Apa saja unsur seni rupa?
4 x 35 menit
§  Buku paket PKN, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, SBK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar