SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Tema : Kegiatan
Sehari-hari
Kelas :
II
Semester :
1
Kompetensi
Dasar
|
Pokok
Pembe-lajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
PKn
§ Mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§ Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam
IPS
§ Memanfaatkan dokumen dan
benda penting keluarga sebagai sumber cerita
Matematika
§ Membandingkan bilangan
sampai 500
§ Menentukan nilai tempat
ratusan, puluhan dan satuan
§ Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai 500
§ Menggunakan alat ukur
waktu dengan satuan jam
§ Mengukur dan menggunakan
alat ukur panjang
§ Mengukur dan menggunakan
alat ukur berat
§ Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan berat benda
IPA
§ Mengenal bagian-bagian
utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§ Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
§ B. Indonesia
§ Bertanya kepada orang
lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§ Mendeklamasikan puisi
dengan ekpresi yang tepat
§ Menceritakan kegiatan
sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§ Mengumpulkan teks pendek
( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§ Menjelaskan isi puisi
anak yang dibaca
§ Melaengkapi cerita
sesuai dengan kata yang tepat
§ Menuliskan kalimat
sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan
memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
SBK
§ Mengenang berbagai
unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§ Menanggapi berbagai
unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§ Mengenal unsure-unsur
bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
|
Hidup
rukun, tolong-menolong
Dokumen
Keluarga
Bilangan
Bagian
tubuh hewan dan tumbuhan
Kegiatan
Unsur
seni rupa
|
§ Disiplin
§ Tekun
§ Tanggung jawab
§ Ketelitian
§ Kerja sama
§ Toleransi
§ Percaya diri
caya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Berani mengambil resiko
§ Kepemimpinan
|
§ memberikan contoh
bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§ menceritakan pengalaman
cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§ memelihara
benda penting di lingkungan keluarga
§ menentukan
bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§ menyimak
cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§ membaca
dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§ melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§ menyimak
cara menggunakan alat ukur waktu
dengan satuan jam
§ mengukur
dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
§ mengenal
bagian utama hewan dan tumbuhan
§ mengidentifikasi
cirri benda padat dan cair
§ mengidentifikasi
benda-benda yang ada di sekitar
§ bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§ menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§ menyimpulkan
dari 15 kalimat yang dibacanya
§ menyimak
isi puisi yang di baca bersama
§ menuliskan
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
kapital yang benar.
§ mengenang
berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§ memilih
objek benda alam yang menarik
§ mengenal
unsure bunyi dan musik
|
§ memberikan contoh
bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§ menceritakan pengalaman
cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§ memelihara
benda penting di lingkungan keluarga
§ menentukan
bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§ menjelaskan cara
menentukan nilai tempat sampai ratusan
§ membaca
dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§ melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§ menjelaskan cara
menggunakan alat ukur waktu dengan
satuan jam
§ mengukur
dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
§ mengenal
bagian utama hewan dan tumbuhan
§ mengidentifikasi
cirri benda padat dan cair
§ mengidentifikasi
benda-benda yang ada di sekitar
§ bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§ menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§ menyimpulkan
dari 15 kalimat yang dibacanya
§ menyimak
isi puisi yang di baca bersama
§ menuliskan
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
kapital yang benar.
§ mengenang
berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§ memilih
objek benda alam yang menarik
§ mengenal
unsure bunyi dan musik
|
Tugas individu
Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ Apa saja contoh
tolong-mrnolong di lingkungan sekolah?
§ Apa yang harus kamu
lakukan untuk menyimpan dokumen penting keluarga?
§ Berapa hasil dari
251+333?
§ Apa saja bagian tubuh
hewan?
§ Apa saja bagian tubuh
tumbuhan?
§ Bacakan puisi di depan
kelamu !
§ Apa saja unsur seni rupa?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket PKN, IPA,
IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, SBK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar