BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Administrasi adalah kegiatan yang menduduki kedudukan sentral di dalam pembinaan
dan pengembangan pada setiap kegiatan kerjasama sekelompok manusia, dalam
bidang pendidikan juga harus ada administrasi yang mampu mengembangkan dan
mencapai tujuan pendidikan. Karena pada lingkungan setiap lembaga pendidikan formal
terdapat sejumlah manusia, baik yang berkedudukan sebagai pimpinan maupun sebagai
tenaga pelaksana. Mereka tidak cukup dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan
mengenai bidang pendidikan saja, akan tetapi harus dibekali pula dengan kemampuan
bekerjasama dan kemampuan mengarahkan kerjasama itu guna mencapai tujuan
lembaga pendidikan masing-masing. Dalam dunia pendidikan diindonesia, bidang
studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Dinegara-negara yang sudah
maju, administrasi pendidikan mulai berkembang dengan pesat sejak abad 20-an, terutama
sejak berakhirnya perang dunia kedua. Khususnya
dinegara kita Indonesia administrasi pendidikan mulai diperkenalkan melaluai
beberapa IKIP sejak tahun 1960-an, dan baru dimasukkan sebagai mata pelajaran dan
mata ujian di SGA/SPG sejak tahu ajaran 1965/1966. Oleh karena itu, tidak mengherankan
jika para pendidik sendiri banyak yang belum memahami betapa perlu dan
pentingya adminstrasi pendidikan itu dalam penyelenggaraan dan pengembanagan
pendidikan pada umumnya. Disamping itu, administrasi pendidikan itu sendiri
sebagai ilmu, terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembanagn pendidikan
dinegara masing-masing.
B.
Tujuan Penulisan
Dari pelaksanaan hasil observasi magang II tersebut mempunyai beberapa
tujuan antara lain:
1.
Agar mahasiswa dapat mengetahui kurikulum dan
perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
2.
Agar mahasiswa dapat mengetahui kesesuaian
antara RPP yang di buat dengan proses pengajaran.
3.
Agar mahasiswa dapat mengetahui tentang
administrasi yang ada dalam sekolah SDN CELEP II.
C.
Manfaat Penulisan
Penulisan
laporan observasi ini manfaatnya adalah antara lain :
- Bagi Mahasiswa (khususnya mahasiswa FKIP), manfaat yang diharapkan dari penulisan laporan observasi ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan mengenai cara pembuatan laporan observasi, serta diharapkan juga sebagai calon guru dapat memahami teknik dan cara membuat administrasi yang dibutuhkan oleh guru pada saat mengajar.
- Bagi Lembaga Pendidikan, yang diharapkan dari penulisan laporan observasi ini adalah dapat memberikan suatu sumbangan pemikiran atau wawasan dalam meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa ataupun masyarakat.
- Bagi Masyarakat, manfaat bagi kalangan pembaca yang diharapkan dari penulisan laporan observasi ini adalah dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan referensi bagi pembaca atau masyarakat.
D.
Metode Penulisan
1.
Survei lapangan, yaitu
mengamati secara langsung proses pengolahan data yang ada.
2.
Wawancara, yaitu dengan bertanya tentang sesuatu hal kepada
yang berkepentingan. Dalam hal ini khususnya dengan wali kelas 1 SDN Celep II
3.
Studi pustaka, yaitu membaca buku-buku yang terkait secara
langsung maupun tidak langsung untuk mengetahui secara teoritis permasalahan
yang sedang dihadapi.
BAB II
HASIL OBSERVASI
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
C.
SK : 2.Mendeskripsikan lingkungan rumah.
KD : 2.3Menjelaskan lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
D.
Pertemuan Ke-1
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa,
siswa berdoa bersama
Ø Guru mengajak siswa
bernyanyi watermelon, siswa bernyanyi bersama. Guru mengaitkan lagu tersebut
dengan materi pembelajaran
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi:
Ø Siswa menyimak tentang
pengertian lingkungan sehat
Ø Guru mengajak Siswa mendeskripsikan
ruangan kelas
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru dan siswa:
Ø Guru bertanya tentang
kondisi kelas, siswa menjawab dan Guru mengaitkan dengan lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
Ø Siswa menyebutkan ciri-ciri
lingkungan rumah sehat dan lingkungan rumah tidak sehat
Ø Guru menjelaskan tentang
contoh perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
Ø Siswa mengerjakan soal
latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di pelajari
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup
Ø Guru menyimpulkan materi
pada hari itu
Ø Guru mengajak berdoa bersama
utuk mengakhiri pembelajaran
Ø Guru mengucapkan salam lalu
meninggalkan kelas
F.
Aspek Penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran IPS,
alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan media dan sumber pembelajaran yang
digunakan
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak menggunakan
media pembelajaran. Akan tetapi sumber pembelajaran sesuai dengan kurikulum
yang digunakan oleh guru yaitu memakai sumber buku Ilmu Pengetahuan Sosial SD
kelas 1.
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran IPS tentang ciri-ciri
lingkungan rumah sehat dan lingkungan rumah tidak sehat, guru menjelaskan
kepada siswa mengenai pengertian lingkungan sehat lalu siswa mencari tahu
sendiri ciri-ciri lingkungan rumah sehat dan tidak sehat dan dibimbing oleh
guru. Kemudian guru memberi contoh tentang perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah.
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal
pembelajaran guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar.
Kemudian pada kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif,
inspiratif, dan membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru
melakukan tanya jawab serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
f.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menerangkan
kemudian guru memberikan pertanyaan berupa tanya jawab kepada siswa, kemudian
guru memberikan beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa di buku
tulis masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat yaitu siswa dapat
menjelaskan pengertian lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, serta
siswa dapat mencontohkan ciri-ciri lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat
dengan benar.
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi dan
tanya jawab. Guru juga menggunakan model kooperatif dengan cara bertanya jawab
terhadap siswa.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
peduli lingkungan, serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang
dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk
memahami materi yang disampaikan oleh guru.
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik penilaian yang
digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi yang
dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya yaitu
Bandingkan rumah sehat dan tidak sehat! Sebutkan ciri-ciri rumah sehat!
Sebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat!
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam
alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai berdasarkan tujuan pembelajaran
sudah tepat yaitu agar siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan rumah
sehat dan rumah tidak sehat, dan siswa dapat mencontohkan ciri-ciri lingkungan
rumah sehat dan rumah tidak sehat dengan benar.
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, guru bertanya tentang kondisi kelas dengan mengaitkan
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, kemudian guru dan siswa
menyebutkan cirri-ciri lingkungan rumah sehat dan tidak sehat, kemudian guru
memberikan soal yang selanjutnya akan dikerjakan dibuku tulis masing-masing
setelah itu dinilai oleh guru. Lalu pada jam terakhir guru beserta siswa
menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu, mengajak berdoa bersama, setelah itu
guru mengucapkan salam lalu meninggalkan kelas.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses pembelajaran,
guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab. Guru tidak menggunakan
media pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung. Strategi yang digunakan
yaitu kooperatif dengan pendekatan saintifik dengan cara bertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru
menilai dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman
yang dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam
bentuk soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang diberikan
dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada penugasan berupa
pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “lingkungan rumah
sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah”. Indikator pembelajaran yang
terdapat pada RPP sudah tercapai pada proses pembelajaran yaitu “Menjelaskan
pengertian lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, Mencontohkan ciri-ciri
lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, Menjelaskan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah”. Alokasi waktu yang telah tertulis pada RPP sudah
tepat pada waktu guru melakukan proses pembelajaran, tidak lebih dan tidak
kurang yaitu 2 x 35 menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan tujuan
dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP sudah
tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian
lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, siswa dapat mencontohkan
ciri-ciri lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, serta siswa dapat
menjelaskan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah dengan benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II metode yang digunakan
guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab, dan hal tersebut
sama seperti yang tertulis dalam RPP. Dalam RPP tertulis guru menggunakan media
gambar tetapi pada realitanya guru tidak menggunakan media berupa gambar dalam kegitan
belajar mengajar sehingga tidak sesuai antara RPP dan kegiatan belajar mengajar
berlangsung. Sumber belajar yang digunakan guru yaitu buku Ilmu Pengetahuan Sosial
SD kelas 1.
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari hasil observasi
yang saya lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran sehingga pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran sudah
sesuai. Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian
lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, siswa dapat mencontohkan
ciri-ciri lingkungan rumah sehat dan rumah tidak sehat, serta siswa dapat
menjelaskan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah dengan benar.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Scenario
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat runtut dan sesuai dengan RPP. Pada
kegiatan awal, guru mengawali proses pembelajaran dengan salam, berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran
dengan bernyanyi watermelon. Pada kegiatan inti, guru mengajak untuk mengamati
ruangan kelas yang dikaitkan dengan lingkungan sehat dan tidak, guru bertanya
tentang ciri-ciri lingkungan rumah sehat dan tidak sehat, guru memberi contoh
perilaku menjaga kebersihan rumah, kemudian guru memberikan soal yang
selanjutnya akan dikerjakan dibuku tulis masing-masing setelah itu dinilai oleh
guru. Lalu pada kegiatan akhir guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab
bersama-sama serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu, guru mengajak
berdoa bersama, setelah itu guru mengucapkan salam lalu meninggalkan kelas.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan
dan tes tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice,
seperti contoh: Bandingkan rumah
sehat dan tidak sehat! Sebutkan ciri-ciri rumah sehat! Sebutkan ciri-ciri rumah
tidak sehat!
Kriteria
Penilaian
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
C.
SK : 5.Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
KD : 5.1Mengenal
berbagai benda langit melalui
pengamatan.
D.
Pertemuan Ke-2
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa,
siswa berdoa bersama
Ø Guru mengajak siswa
bernyanyi bintang kecil,dan burung hantu siswa bernyanyi bersama. Guru
mengaitkan lagu tersebut dengan materi pembelajaran
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø
Siswa mengamati benda langit(matahari, bulan , bintang) yang
digambar oleh guru di papan tulis
Ø
Siswa menyimak penjelasan guru tentang deskripsi
dari benda langit
Ø
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian benda
langit
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru dan siswa :
Ø
Siswa menghitung jumlah bintang yang ditunjukkan guru
Ø Siswa mengerjakan soal
latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di pelajari
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
Ø
Guru menyimpulkan materi pada hari itu
Ø
Guru mengajak berdoa bersama untuk
mengakhiri pembelajaran
Ø
Guru mengucapkan salam lalu meninggalkan
kelas
F. Aspek penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran IPA,
alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak menggunakan
media pembelajaran. Akan tetapi sumber pembelajaran sesuai dengan kurikulum
yang digunakan oleh guru yaitu memakai sumber buku Ilmu Pengetahuan Alam SD
kelas 1.
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran IPA tentang benda-benda
langit, guru menjelaskan kepada siswa mengenai pengertian dari benda langit dan
meminta siswa menghitung jumlah benda langit yang ditunjukkan oleh guru,
kemudian siswa mengerjakan soal dibuku tulis masing-masing, guru melakukan
tanya jawab dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari..
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal
pembelajaran guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar.
Kemudian pada kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif,
inspiratif, dan membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru
melakukan tanya jawab serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
f.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menerangkan
kemudian guru memberikan pertanyaan berupa tanya jawab kepada siswa, kemudian
guru memberikan beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa di buku
tulis masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat yaitu siswa dapat
menjelaskan pengertian benda-benda langit, dan siswa dapat menyebutkan contoh
benda langit dengan benar.
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi dan
tanya jawab. Guru juga menggunakan model kooperatif dengan cara bertanya jawab
terhadap siswa.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
peduli lingkungan, serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang
dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk
memahami materi yang disampaikan oleh guru.
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik penilaian yang
digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi yang
dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya yaitu
Ceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari!
Gambarkanlah benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari!
Ceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari!
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam
alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai berdasarkan tujuan pembelajaran
sudah tepat yaitu agar siswa dapat menjelaskan pengertian benda-benda langit,
dan siswa dapat menyebutkan contoh benda langit dengan benar.
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, guru mengajak siswa mengamati gambar benda langit di papan
tulis, kemudian guru menjelaskan definisi dari benda langit, siswa diminta
untuk menghitung benda langit yang ditunjukkan oleh guru, siswa mengerjakan
soal yang diberikan guru di buku tulis masing-masing, guru membuka sesi Tanya
jawab yang kemudian bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses
pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab. Guru
tidak menggunakan media pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Strategi yang digunakan yaitu kooperatif dengan pendekatan saintifik dengan
cara bertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru
menilai dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman
yang dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam
bentuk soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang
diberikan dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada
penugasan berupa pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “benda langit”.
Indikator pembelajaran yang terdapat pada RPP sudah tercapai pada proses
pembelajaran yaitu “Menjelaskan pengertian benda-benda langit, dan Menyebutkan
contoh benda langit”. Alokasi waktu yang telah tertulis pada RPP sudah tepat
pada waktu guru melakukan proses pembelajaran, tidak lebih dan tidak kurang
yaitu 2 x 35 menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan tujuan
dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP sudah
tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian
benda-benda langit, dan siswa dapat menyebutkan contoh benda langit dengan
benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II metode yang digunakan
guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab, dan hal tersebut
sama seperti yang tertulis dalam RPP. Guru tidak menggunakan media pebelajaran.
Sumber belajar yang digunakan guru yaitu buku Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas 1.
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari hasil observasi
yang saya lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran sehingga pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran sudah
sesuai. Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian
benda-benda langit, dan siswa dapat menyebutkan contoh benda langit dengan
benar.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Scenario pembelajaran
yang dilakukan oleh guru sangat runtut dan sesuai dengan RPP. Pada kegiatan
awal, guru mengawali proses pembelajaran dengan salam, berdoa dan membangkitkan
semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran Pada kegiatan
awal, guru mengajak siswa bernyanyi bintang kecil dan mengaitkan lagu tersebut
dengan materi pembelajaran. Pada kegiatan inti, guru mengajak siswa mengamati
gambar benda langit di papan tulis, kemudian guru menjelaskan definisi dari benda
langit, siswa diminta untuk menghitung benda langit yang ditunjukkan oleh guru,
siswa mengerjakan soal yang diberikan guru di buku tulis masing-masing, guru
membuka sesi Tanya jawab yang kemudian bersama-sama menyimpulkan materi yang
telah dipelajari. Pada kegiatan akhir, guru megajak berdoa bersama kemudian
guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar yang telah dipelajari.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan
dan tes tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice,
seperti contoh: Ceritakan
benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari! Gambarkanlah
benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari! Ceritakan
jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari!
Kriteria
Penilaian
1. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : Matematika
C.
SK : 4.Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
KD : 4.5 Menggunakan sifat
oprasi pertukaran dan pengelompokkan
D.
Pertemuan Ke-3
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa,
siswa berdoa bersama
Ø Guru mengajak siswa
bernyanyi tepuk kosentrasi, siswa melakukan tepuk kosentrasi
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Guru menjelaskan tentang
letak angka satuan dan puluhan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Guru menceritakan soal
cerita matematika yang menyebutkan
angka. Siswa menyebutkan nilai tempat satuan dan puluhan
Ø siswa menyimak penjelasan
guru tentang sistem pertukaran tempat dari nilai tempat bilangan
Ø Siswa menyelesaikan
penjumlahan dan pengurangan berdasarkan nilai tempat bilangan
Ø Siswa mengerjakan soal
latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di pelajari
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
Ø Guru menyimpulkan materi
pada hari itu
Ø Guru mengajak berdoa bersama
untuk mengakhiri pembelajaran
Ø Guru mengucapkan salam lalu
meninggalkan kelas
F.
Aspek Penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran
Matematika, alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar yaitu
2x35 menit.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan media dan sumber pembelajaran yang
digunakan
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak menggunakan
media pembelajaran. Akan tetapi sumber pembelajaran sesuai dengan kurikulum
yang digunakan oleh guru yaitu memakai Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran Matematika tentang sifat
operasi pertukaran dan pengelompokan, guru menjelaskan, memberi soal cerita,
memberi pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa lalu memberi soal yang akan
dikerjakan oleh siswa dan langsung dinilai oleh guru
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal
pembelajaran guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar.
Kemudian pada kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif,
inspiratif, dan membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru
melakukan tanya jawab serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
g.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menerangkan
kemudian guru memberikan pertanyaan berupa tanya jawab kepada siswa, kemudian
guru memberikan beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa di buku
tulis masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat dan sesuai yaitu siswa
dapat menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokkan dengan benar
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi dan
tanya jawab. Guru juga menggunakan model kooperatif dengan cara bertanya jawab
terhadap siswa.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk memahami
materi yang disampaikan oleh guru.
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik penilaian yang
digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi yang
dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya yaitu
Bagaimana cara Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan
untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan?
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam
alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai berdasarkan tujuan pembelajaran
sudah tepat yaitu agar siswa dapat menggunakan sifat operasi pertukaran dan
pengelompokkan dengan benar.
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Guru mengucapkan salam, kemudian mengajak untuk berdoa untuk memulai
pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bernyanyi tepuk kosentrasi agar lebih
semangat untuk mengikuti pelajaran. Guru menjelaskan tentang letak angka satuan
dan puluhan, Guru menceritakan soal cerita matematika dan siswa menjawab
pertanyaan yang ditanyakan oleh guru setelah membacakan soal cerita, Siswa
menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan berdasarkan nilai tempat bilangan,
Siswa mengerjakan soal latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di
pelajari, Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan,
Guru menyimpulkan materi pada hari itu. Guru mengajak berdoa bersama, setelah
itu guru mengucapkan salam lalu meninggalkan kelas.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses
pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab. Guru
tidak menggunakan media pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Strategi yang digunakan yaitu kooperatif dengan pendekatan saintifik dengan
cara bertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru
menilai dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman
yang dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam
bentuk soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang
diberikan dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada
penugasan berupa pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “Menggunakan sifat
operasi pertukaran dan pengelompokkan”. Indikator pembelajaran yang terdapat
pada RPP sudah tercapai pada proses pembelajaran yaitu “Menggunakan sifat
operasi pertukaran dan pengelompokkan”. Alokasi waktu yang telah tertulis pada
RPP sudah tepat pada waktu guru melakukan proses pembelajaran, tidak lebih dan
tidak kurang yaitu 2 x 35 menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan tujuan
dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP sudah
tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menggunakan sifat operasi
pertukaran dan pengelompokkan dengan benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari observasi yang saya
lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II metode yang digunakan guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab, dan hal tersebut sama seperti yang
tertulis dalam RPP. Dalam RPP memang tidak ditulis bahwa guru meemakai media
sehingga pada saat saya observasi memang guru tidak menggunakan media pada saat
pelajaran berlangsung. Sumber belajar yang digunakan guru yaitu Buku Pelajaran Matematika SD
Kelas 1.
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari hasil observasi
yang saya lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran sehingga pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran sudah
sesuai. Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat menggunakan sifat operasi
pertukaran dan pengelompokkan dengan benar.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Scenario pembelajaran
yang dilakukan oleh guru sangat runtut dan sesuai dengan RPP. Pada kegiatan
awal, Guru mengucapkan salam, kemudian mengajak untuk berdoa untuk memulai
pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bernyanyi tepuk kosentrasi agar lebih
semangat untuk mengikuti pelajaran. Pada kegiatan inti, guru menjelaskan
tentang letak angka satuan dan puluhan, guru menceritakan soal cerita
matematika dan siswa menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh guru setelah
membacakan soal cerita, Siswa menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan
berdasarkan nilai tempat bilangan, Siswa mengerjakan soal latihan sesuai dengan
materi pembelajaran yang sudah di pelajari. Pada kegiatan penutup, guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan, Guru menyimpulkan materi
pada hari itu.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan dan tes
tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice, seperti
contoh: Bagaimana cara Menggunakan
sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan
penjumlahan dan pengurangan?
Kriteria
Penilaian
1. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : Bahasa Indonesia
C.
SK : 6. Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan
dongeng. (Berbicara)
KD : 6.1 Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
D.
Pertemuan Ke-4
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa,
siswa berdoa bersama
Ø Guru mengajak siswa
bernyanyi tepuk kosentrasi, siswa melakukan tepuk kosentrasi
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru dan siswa:
Ø Siswa mengamati gambar
tunggal dan gambar seri yang ditunjukkan guru pada Buku Bina Bahasa Indonesia
dan Sastra SD Kelas 1
Ø Siswa menyimak penjelasan
guru tentang gambar tunggal dan gambar seri
Ø Siswa menyimak cerita
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Guru menunjukkan gambar
tunggal dan gambar seri
Ø Guru melakukan tanya jawab
tentang gambar tersebut
Ø Siswa menulis kalimat
sederhana berdasarkan gambar yang di amati siswa (dengan bimbingan guru)
Ø Siswa membacakan hasil
tulisannya di depan teman-temannya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
Ø Guru menyimpulkan materi
pada hari itu
Ø Guru mengajak berdoa bersama
untuk mengakhiri pembelajaran
Ø Guru mengucapkan salam lalu
meninggalkan kelas
F.
Aspek penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran Bahasa
Indonesia, alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan media dan sumber pembelajaran yang
digunakan
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak menggunakan
media pembelajaran. Akan tetapi sumber pembelajaran sesuai dengan kurikulum
yang digunakan oleh guru yaitu memakai sumber Buku Bina Bahasa Indonesia dan
Sastra SD Kelas 1.
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang
menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti siswa. Dengan bantuan guru, siswa diminta untuk membuat kalimat
sederhana tentang gambar tersebut lalu guru meminta siswa untuk
mempresentasikan hasil karangan sederhana yang telah dibuat di depan kelas.
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal
pembelajaran guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar.
Kemudian pada kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif,
inspiratif, dan membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru
melakukan tanya jawab serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
f.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menerangkan
kemudian guru memberikan pertanyaan berupa tanya jawab kepada siswa, kemudian
guru memberikan beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa di buku
tulis masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat yaitu siswa dapat
menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang
mudah dimengerti dengan benar.
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi dan
tanya jawab. Guru juga menggunakan model kooperatif dengan cara bertanya jawab
terhadap siswa.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
peduli lingkungan, serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang
dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk
memahami materi yang disampaikan oleh guru.
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik penilaian yang
digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi yang
dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya yaitu
Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar secara lisan!
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam
alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai berdasarkan tujuan pembelajaran
sudah tepat yaitu agar siswa dapat menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti dengan benar.
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, siswa mengamati gambar tunggal dan gambar seri yang
ditunjukkan guru pada Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, guru
menjelaskan tentang gambar tunggal dan gambar seri, guru menunjukkan gambar
tunggal dan gambar seri, kemudian guru melakukan tanya jawab tentang gambar
tersebut, guru meminta siswa untuk menuliskan kalimat sederhana berdasarkan
gambar yang diamati lalu mempresentasikan di depan kelas, lalu guru melakukan
tanya jawab dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses
pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab. Guru
tidak menggunakan media pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Strategi yang digunakan yaitu kooperatif dengan pendekatan saintifik dengan
cara bertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru menilai
dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman yang
dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam bentuk
soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang
diberikan dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada
penugasan berupa pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti”.
Indikator pembelajaran yang terdapat pada RPP sudah tercapai pada proses
pembelajaran yaitu “Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti”. Alokasi
waktu yang telah tertulis pada RPP sudah tepat pada waktu guru melakukan proses
pembelajaran, tidak lebih dan tidak kurang yaitu 2 x 35 menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan tujuan
dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP sudah
tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menceritakan isi gambar
tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN
Celep II metode yang digunakan guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab,
dan hal tersebut sama seperti yang tertulis dalam RPP. Guru tidak menggunakan
media dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber belajar yang digunakan
guru yaitu Buku
Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1.
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari hasil observasi
yang saya lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran sehingga pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran sudah
sesuai. Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat menceritakan isi gambar
tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan benar.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat
runtut dan sesuai dengan RPP. Pada kegiatan awal, guru mengawali proses
pembelajaran dengan salam, berdoa dan membangkitkan semangat siswa untuk
mengikuti serta aktif dalam pembelajaran dengan bernyanyi tepuk konsentrasi.
Pada kegiatan inti, siswa mengamati gambar tunggal dan gambar seri yang
ditunjukkan guru pada Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, guru
menjelaskan tentang gambar tunggal dan gambar seri, guru menunjukkan gambar
tunggal dan gambar seri, kemudian guru melakukan tanya jawab tentang gambar
tersebut, guru meminta siswa untuk menuliskan kalimat sederhana berdasarkan
gambar yang diamati lalu mempresentasikan di depan kelas. Pada kegiatan akhir,
guru melakukan tanya jawab yang kemudian akan dijawab dan diluruskan
bersama-sama.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan
dan tes tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice,
seperti contoh:
Buatkanlah
kalimat berdasarkan gambar secara lisan!
Kriteria Penilaian
1. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
C.
SK : 4.Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
KD :
4.1Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
D.
Pertemuan Ke-5
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa
dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa, siswa berdoa bersama
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Siswa diminta untuk
mengeluarkan buku tulis dan buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
masing-masing
Ø Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
Elaborasi
Ø Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
Ø Guru dan siswa melakukan
tanya jawab tentang pengertian tata tertib, contoh tata tertib di rumah dan di
sekolah
Ø Guru membagi menjadi 2
kelompok
Ø Masing-masing kelompok
mendiskusikan tentang contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
Ø Guru bertanya pada
masing-masing kelompok tentang contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
Ø Siswa mengerjakan soal
latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di pelajari di buku tulis
masing-masing
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø Guru bersama siswa
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
Ø Guru menyimpulkan materi
pada hari itu
Ø Guru mengajak berdoa bersama
untuk mengakhiri pembelajaran
Ø Guru mengucapkan salam lalu
meninggalkan kelas
F.
Aspek penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran PKn,
alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan media dan sumber pembelajaran yang
digunakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
rancangan media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak
menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi sumber pembelajaran sesuai dengan
kurikulum yang digunakan oleh guru yaitu memakai sumber buku buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD.
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
tentang contoh-contoh tata tertib di rumah dan di sekolah guru menjelaskan
kepada siswa mengenai pengertian tata tertib dan menunjukkan sikap/perilaku contoh
tata tertib di rumah dan di sekolah.
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal
pembelajaran guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar.
Kemudian pada kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif,
inspiratif, dan membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru
melakukan tanya jawab serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
f.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menerangkan
kemudian guru memberikan pertanyaan berupa tanya jawab kepada siswa tentang
contoh-contoh tata tertib dirumah dan di sekolah, kemudian guru memberikan
beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa di buku tulis
masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat yaitu siswa dapat
menjelaskan pengertian tata tertib di rumah dan di sekolah serta dapat
menyebutkan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah dengan benar.
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi,
tanya jawab, serta diskusi terbimbing. Guru juga menggunakan model kooperatif
dengan cara bertanya jawab pada siswa serta diskusi terbimbing.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang
dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk
memahami materi yang disampaikan oleh guru
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik
penilaian yang digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi
yang dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya
yaitu Bagaimana cara melaksanakan tata tertib di rumah? Bagaimana cara
Melaksanakan tata tertib di sekolah?
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam
alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai berdasarkan tujuan pembelajaran
sudah tepat yaitu agar siswa dapat menjelaskan pengertian tata tertib dan
menyebutkan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, guru membagi menjadi 2 kelompok yang kemudian masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang contoh-contoh tata tertib di rumah dan di
sekolah, kemudian guru bertanya pada masing-masing kelompok hasil diskusinya
yang kemudian dibacakan satu per satu dalam kelompok tersebut secara bergantian
kemudian guru memberikan soal yang selanjutnya akan dikerjakan dibuku tulis
masing-masing setelah itu dinilai oleh guru. Lalu pada jam terakhir guru
beserta siswa menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu, mengajak berdoa
bersama, setelah itu guru mengucapkan salam lalu meninggalkan kelas.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses
pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab, dan
diskusi terbimbing. Guru tidak menggunakan media pada waktu kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Strategi yang digunakan yaitu kooperatif dengan
pendekatan saintifik dengan cara ertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru
menilai dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman
yang dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam
bentuk soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang
diberikan dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada
penugasan berupa pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “Mengikuti tata
tertib di rmah dan di sekolah”. Indikator pembelajaran yang terdapat pada RPP
sudah tercapai pada proses pembelajaran yaitu “Menjelaskan pengertian tata tertib
di rumah dan di sekolah dan Menyebutkan contoh tata tertib di rumah dan di
sekolah”. Alokasi waktu yang telah tertulis pada RPP sudah tepat pada waktu
guru melakukan proses pembelajaran, tidak lebih dan tidak kurang yaitu 2 x 35
menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan
tujuan dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP
sudah tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan
pengertian tata tertib di rumah dan di sekolah, serta siswa dapat menyebutkan
contoh tata tertib di rumah dan di sekolah dengan benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari observasi yang saya
lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II metode yang digunakan guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi terbimbing dan hal tersebut sama
seperti yang tertulis dalam RPP. Dalam RPP tertulis guru menggunakan media
talking stick tetapi pada realitanya guru tidak menggunakan media dalam kegitan
belajar mengajar sehingga tidak sesuai antara RPP dan kegiatan blajar mengajar berlangsung.
Sumber belajar yang digunakan guru yaitu Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD.
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari
hasil observasi yang saya lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai
dengan tujuan pembelajaran sehingga pengembangan materi dengan tujuan
pembelajaran sudah sesuai. Tujuan pembelajarannya yaitu siswa dapat menjelaskan
pengertian tata tertib di rumah dan di sekolah, serta siswa dapat menyebutkan
contoh tata tertib di rumah dan di sekolah dengan benar.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Scenario
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat runtut dan sesuai dengan RPP. Pada
kegiatan awal, guru mengawali proses pembelajaran dengan salam, berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, guru membagi menjadi 2 kelompok yang kemudian masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang contoh-contoh tata tertib di rumah dan di
sekolah, kemudian guru bertanya pada masing-masing kelompok hasil diskusinya
yang kemudian dibacakan satu per satu dalam kelompok tersebut secara
bergantian, kemudian guru memberikan soal yang selanjutnya akan dikerjakan
dibuku tulis masing-masing setelah itu dinilai oleh guru. Lalu pada kegiatan akhir
guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama serta menyimpulkan
hasil belajar pada waktu itu, guru mengajak berdoa bersama, setelah itu guru
mengucapkan salam lalu meninggalkan kelas.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan
dan tes tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice,
seperti contoh: Bagaimana cara
melaksanakan tata tertib di rumah? Bagaimana cara Melaksanakan tata tertib di
sekolah?
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
A.
Kelas : 1 (Satu) semester II (Dua)
B.
Bidang Studi : SBK
C.
SK : Mengekspresikan diri melalui karya seni
musik.
KD : Menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib.
D.
Pertemuan Ke-6
E.
Proses Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal:
Ø Guru mengucapkan salam,
siswa menjawab salam
Ø Guru mengabsen kehadiran
siswa, siswa merespon
Ø Guru mengajak siswa berdoa,
siswa berdoa bersama
Ø Guru mengajak siswa
bernyanyi tepuk kosentrasi, siswa melakukan tepuk kosentrasi
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu bintang kecil
Ø Guru menuliskan lagu wajib
padamu negeri dan menyanyikan bersama-sama dengan siswa- siswa
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Siswa menyalin teks lagu
wajib padamu negeri, dan siswa menyanyikan lagu wajib padamu negeri
bersama-sama
Ø Siswa mengerjakan soal
latihan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah di pelajari
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
Ø
Guru menyimpulkan materi pada hari itu
Ø
Guru mengajak berdoa bersama untuk mengakhiri
pembelajaran
Ø
Guru mengucapkan salam lalu meninggalkan
kelas
F.
Aspek Penilaian
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru
a.
Mengamati kesesuaian kompetensi/capaian pembelajaran,
indikator dan alokasi waktu
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai
kompetensi/capaian pembelajaran, indikator dan alokasi waktu antara dengan apa
yang tercantum dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru
sudah tepat dan sesuai. Peserta didik mampu menguasai materi setelah dijelaskan
oleh guru, perilaku siswa yang saya amati sudah menunjukkan bahwa mereka paham
tentang materi yang telah diajarkan dan menjadi penilaian mata pelajaran SBK,
alokasi waktu sangat tepat untuk mencapai kompetensi dasar.
b.
Mengamati ketepatan perumusan tujuan pembelajaran dan materi
yang di rancang
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai ketepatan
perumusan tujuan pembelajaran dan materi yang digunakan oleh guru pada
perangkat pembelajaran dengan kurikulum sudah tepat. Hasil belajar yang
diharapkan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi ajar meliputi fakta yang ada
di sekitar, konsep dan prinsip serta prosedur yang relevan sudah tepat antara
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru.
c.
Mengamati rancangan media dan sumber pembelajaran yang
digunakan
Dari hasil
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II mengenai rancangan
media dan sumber pembelajaran yang digunakan, disini guru tidak menggunakan
media pembelajaran.
d.
Mengamati kesesuaian dan pengembangan materi
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II guru mengajarkan
materi sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran dan juga guru
mengembangkan materi, seperti contoh mata pelajaran SBK tentang lagu wajib,
guru menuliskan lgu wajib di papan tlis yng kemudian dinyanyikan bersama-sama.
e.
Mengamati ketepatan skenario pembelajaran yang di rancang
Skenario
pembelajaran yang dirancang sudah tepat dengan kurikulum. Pada awal pembelajaran
guru melakukan sebuah pendahuluan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan
peserta didik untuk aktif selama kegiatan belajar mengajar. Kemudian pada
kegiatan inti guru menyajikan pembelajaran secara interaktif, inspiratif, dan
membuat siswa menjadi aktif. Dan pada jam terakhir guru melakukan tanya jawab
serta menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
f.
Mengamati sistem evaluasi atau penilaian yang direncanakan
Dari
hasil observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II tentang evaluasi
atau penilaian pada siswa cukup efektif, dengan cara setelah guru menuliskan
lagu wajib di papan tulis kemudian guru mengajak untuk bernyanyi bersama-sama,
kemudian guru memberikan beberapa soal kepada siswa yang dikerjakan oleh siswa
di buku tulis masing-masing dan langsung dinilai oleh guru.
2.
Menelaah strategi pembelajaran
a.
Melaporkan kesesuaian pembelajaran dengan tujuan yang akan
dicapai
Proses
pembelajaran dengan tujuan yang akan dicapai sudah tepat yaitu siswa dapat
menyanyikan lagu wajib dengan benar
b.
Melaporkan kontekstualitas pembelajaran
Pembelajaran
yang berlangsung membuat siswa memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang
diajarkan dengan strategi guru yaitu menggunakan metode ceramah bervariasi dan
tanya jawab. Guru juga menggunakan model kooperatif dengan cara bertanya jawab
terhadap siswa.
c.
Melaporkan keterbukaan sikap dan kebiasaan positif siswa
Selama
proses pembelajaran, salah satu teknik tanya jawab yang disajikan oleh guru
dapat memunculkan sikap siswa yang bervariasi antara lain kreatif, demokratif,
peduli lingkungan, serta tanggung jawab.
d.
Mengamati efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang
dilaksanakan
Pembelajaran
di kelas berlangsung efektif dan efisien, guru dapat memanfaatkan waktu dengan
tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Dan bahasa yang digunakan oleh guru cukup
efisien dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga siswa mudah untuk
memahami materi yang disampaikan oleh guru.
e.
Mengevaluasi kekondusifan pembelajaran
Selama
kegiatan belajar mengajar siswa dapat mengikuti dengan baik. Siswa diam dan
memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan melakukan hal yang di
instruksikan oleh guru dengan baik.
3.
Menelaah sistem evaluasi
a.
Mengamati perangkat dan instrumen evaluasi yang dikembangkan
Teknik penilaian yang
digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen evaluasi yang
dikembangkan yaitu dengan uraian dan isian. Contoh bentuk instrumennya yaitu
Nyanyikanlah lagu dengan syair yang benar.
b.
Mengamati ketepatan alat evaluasi dengan kompetensi yang
dicapai/tujuan pembelajaran
Dalam alat evaluasi dengan kompetensi yang dicapai
berdasarkan tujuan pembelajaran sudah tepat yaitu agar siswa dapat menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib dengan benar
c.
Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti
pembelajaran
Sikap
siswa pada waktu pembelajaran sangat menghargai guru yang sedang menjelaskan
materi, siswa menyimak ketika guru menjelaskan materi dan antusias untuk
mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari siswa yang lain yang
selanjutnya akan diluruskan oleh guru jika ada jawaban yang kurang tepat. Selain itu, siswa juga melaksanakan
apa yang diinstruksikan oleh guru.
d.
Mengamati proses pengajaran guru
Guru
sudah cukup menguasai materi yang akan disampaikan sehingga pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa sangat jelas dan lancar, kalimat yang
digunakan juga cukup efisien, dan siswa juga mudah memahami materi yang
disampaikan guru. Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran. Lalu
menuliskan sebuah teks lagu wajib yang kemudian dinyanyikan bersama-sama. Lalu
siswa menyain teks lagu wajib tersebut di buku tulis masing-masing. Lalu guru
memberi pertanyaan yang kemudian dikerjakan dibuku tulis masing-masing. Dan
guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
e.
Mengamati metode, media, strategi yang digunakan guru
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II. Dalam proses
pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab. Guru
tidak menggunakan media pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Strategi yang digunakan yaitu kooperatif dengan pendekatan saintifik dengan
cara bertanya pada siswa.
f.
Mengamati alat penilaian yang digunakan guru
Guru
menilai dilihat dari segi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, pemahaman
yang dimiliki siswa, tugas yang dikerjakan di buku tulis masing-masing dalam
bentuk soal uraian.
g.
Mengamati refleksi/penugasan siswa yang dilakukan oleh guru
Pada
kegiatan penutup guru melakukan tanya jawab yang kemudian dijawab bersama-sama
dengan siswa, guru juga meluruskan kesalah-pahaman selama proses belajar
mengajar berlangsung. Penugasan yang diberikan oleh guru hanya soal yang
diberikan dan dikerjakan langsung di buku tulis masing-masing, tidak ada penugasan
berupa pekerjaan rumah.
h.
Mengamati sikap sopan santun dan komunikasi yang dibangun
guru dalam pembelajaran
Sikap
guru cukup sopan dan santun kepada siswa dan memberi contoh yang baik keada
siswanya. Dalam berkomunikasi, guru menggunakan kalimat yang mudah efisien dan
bahasa Indonesia dengan baik.
4.
Menelaah RPP
a.
Kesesuaian kompetensi, indicator dan alokasi waktu
Kompetensi
antara yang diajarkan oleh guru dengan RPP sudah tepat yaitu “Menyanyikan lagu
anak-anak dan lagu wajib”. Indikator pembelajaran yang terdapat pada RPP sudah
tercapai pada proses pembelajaran yaitu “Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu
wajib”. Alokasi waktu yang telah tertulis pada RPP sudah tepat pada waktu guru
melakukan proses pembelajaran, tidak lebih dan tidak kurang yaitu 2 x 35 menit.
b.
Ketepatan perumusan tujuan
Rumusan tujuan
dengan proses pembelajaran sudah tepat, tujuan yang tertulis pada RPP sudah
tercapai saat proses pembelajaran yaitu siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak
dan lagu wajib dengan benar.
c.
Ketepatan rancangan metode, media, dan sumber pembelajaran
Dari
observasi yang saya lakukan pada kelas 1 di SDN Celep II metode yang digunakan
guru yaitu ceramah bervariasi, tanya jawab, dan hal tersebut
sama seperti yang tertulis dalam RPP. Guru tidak menggunakan media pembelajaran,
sumber belajarnya yaitu diambil dari buku kerja siswa(BKS)
d.
Kesesuaian pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran
Dari hasil observasi yang saya
lakukan, guru mengembangkan materi belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran
sehingga pengembangan materi dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai. Tujuan
pembelajarannya yaitu siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib
dengan benar.
.
e.
Keruntutan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Skenario
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat runtut dan sesuai dengan RPP. Pada
kegiatan awal, guru mengawali proses pembelajaran dengan salam, berdoa dan
membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serta aktif dalam pembelajaran.
Pada kegiatan awal guru mngucapkan salam, mengajak berdoa, dan bernyanyi tepuk
konsentrasi. Pada kegiatan inti guru menuliskan lagu wajib di papan tulis
kemudian dinyanyikan bersama-sama, siswa menyalin teks lagu wajib di buku tulis
masing-masing, dan memberi soal kemudian dikerjakan di buku tulis
masing-masing, lalu guru bertanya jawab dan menyimpulkan materi bersama-sama.
Pada kegiatan penutup guru mengajak berdoa bersama kemudian salam dan
meninggalkan kelas.
f.
Ketepatan perumusan kegiatan penutup pembelajaran (adanya
tindak lanjut seperti tugas pengayaan/pemantapan)
Pada
kegiatan penutup guru beserta siswa bertanya jawab dan menjawab bersama-sama
serta menyimpulkan hasil belajar pada waktu itu.
g.
Ketepatan sistem penilaian (penilaian proses, alat dan
bentuk)
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran, dengan teknik tes lisan
dan tes tertulis. Dan bentuk instrumen berupa uraian dan multiple choice,
seperti contoh: Nyanyikanlah lagu
dengan syair yang benar!
Kriteria
Penilaian
1. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Saya
mengobservasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan
Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, SBK, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Mengenai
kompetensi pembelajaran, perumusan tujuan indikator, alokasi waktu yang
digunakan, pengembangan materi, sumber pembelajaran, serta penilaian sudah
sesuai antara kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru. Disini,
guru tidak menggunakan media pembelajaran selama proses kegiatan belajar
mengajar.
Strategi
pembelajaran yang digunakan oleh guru yakni guru menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi
terbimbing. Guru menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan pendekatan
saintifik yakni dengan cara guru melakukan tanya jawab dan mengamati yang
menghubungkannya terkait dengan materi yang akan dipelajari.
Keruntutan
skenario yang dirancang oleh guru pada RPP sudah cukup bagus dan bisa
dilaksanakan dengan bagus pula. Pada setiap akhir pelajaran guru selalu
melakukan refleksi dan meluruskan kesalah-pemahaman yang dipikirkan oleh siswa
sebelumnya. Sistem penilaian yaitu dalam bentuk teknik antara lain tes tulis
dan tes lisan, jika bentuk instrumennya yaitu uraian dan multiple choice.
B. Saran
Guru sudah
melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan RPP yang telah
dirancangnya, guru juga sangat memahami materi yang akan disampaikan sehingga
siswa mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tetapi sebaiknya,
guru menggunakan media pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar agar siswa
semakin mudah untuk memahami dan mengingat akan
materi yang dipelajari.
C. Kritik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar