SILABUS DAN RPP
SK-KD IPS SD Kelas 4 :
1.3 Menunjukkan Jenis Dan Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya
Untuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Setempat
Disusun
untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pendidikan IPS SD Kelas Tinggi
Disusun
oleh :
1. Bella
Merryzca Purnama (148620600181)
2. Dhita
Miftahurrosyidah (148620600271)
3. Siti
Khalimatus Sa’diyah (148620600274)
Pendidikan Guru Sekolah
Dasar
Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo
2016
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : -
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Kelas/Semester : IV / 1
Waktu : 2 x 35 menit
Hari / tanggal : -
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota
dan provinsi
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 Menunjukkan
jenis persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi
di lingkungan setempat
C.
Indikator
a. Ranah
kognitif
·
Menjelaskan pengertian
macam-macam sumber daya alam (SDA) (C1)
·
Menyebutkan manfaat
Sumber Daya Alam (SDA) (C1)
·
Menyebutkan hasil
persebaran sumber daya alam (SDA) (C1)
b. Ranah
afektif
·
Membangun sikap berakhlak
mulia untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) (A4)
c. Ranah
psikomotor
·
Menempel gambar
persebaran Sumber Daya Alam (SDA) (P4)
·
Menempatkan contoh Sumber
Daya Alam (SDA) dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui (P2)
D.
Tujuan
Pembelajaran
a. Ranah
kognitif
·
Siswa dapat menjelaskan
pengertian macam-macam sumber daya alam (SDA)
·
Siswa dapat menyebutkan
manfaat Sumber Daya Alam (SDA)
·
Siswa dapat menyebutkan
hasil persebaran Sumber Daya Alam (SDA)
b. Ranah
afektif
·
Siswa dapat membangun akhlak
mulia untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA)
c. Ranah
psikomotor
·
Siswa dapat menempel
persebaran Sumber Daya Alam (SDA)
·
Siswa dapat menempatkan
contoh Sumber Daya Alam (SDA) dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
, Tekun , Tanggung jawab, Ketelitian dan kejujuran
E.
Materi
Pembelajaran
Persebaran
Sumber Daya Alam dan pemanfaatannya
F.
Metode
pembelajaran
·
Metode pembelajaran : Examples non examples
·
Model pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan
·
Pendekatan : Kontekstual
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
a. Berdo’a bersama
b. Mengecek kehadiran siswa
c. Menanyakan kabar siswa dengan focus pada
mereka yang tidak masuk
d. Memberi motivasi kepada siswa dengan
menyanyikan lagu “dari sabang sampai merauke
e. Apersepsi dengan tanya jawab tentang isi
lagu dikaitkan dengan materi persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya
f. Menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
(10 menit)
|
a.
Guru
mempersiapkan potongan gambar skema daur air, kertas karton dan lem sesuai
dengan tujuan pembelajaran
b.
Guru
menampilkan penjelasan daur air dan gambar skema daur air melalui LCD proyektor
c.
Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan siswa untuk memperhatikan penjelasan
guru
d.
Melalui
diskusi kelompok 4 orang, siswa menganalisis gambar tersebut dan menyusun
pada lembar kegiatan (LKS)
e.
Tiap
kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya di depan kelas
f.
Guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan
tentang hasil pembahasan
h.
Dengan
penjelasan singkat dari guru siswa dapat memahami persebaran sumber daya alam
serta pemanfaatannya
|
(45 menit)
|
a. Refleksi dengan bertanya tentang hasil
pembahasan
b. Guru memeberi umpan balik melalui lembar
penilaian
c. Menginformasikan kepada peserta didik
tentang materi yang diajarkan pada pertemuan berikutnya
d. Tindak lanjut (PR) airmenyebutkan
kegiatan yang dapat memengaruhi air dan tindakan penghemat air
e. Berdoa bersama
f. Keluar kelas denagn tertib pada waktunya
|
(15 menit)
|
H.
Media
dan Sumber Pembelajaran
- Budi Sutrisno, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional
- Gambar persebaran sumber daya alam
- Kertas karton
I.
Penilaian
- Teknik
-
Tes tulis
- Bentuk
-
Uraian
- Instrumen
-
Jelaskan pengertian
macam-macam sumber daya alam!
-
Sebutkan manfaat sumber
daya alam!
-
Sebutkan hasil
persebaran sumber daya alam!
-
Bagaimana sikap kalian untuk menjaga lingkungan?
-
Sebutkan masing-masing
3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat
diperbarui!
SILABUS PEMBELAJARAN
KONSTEKTUAL
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / semester : IV / I
SK
|
KD
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber dan Media Pembelajaran
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
|||||
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/
kota dan provinsi
|
1.3
Menunjukkan jenis persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat
|
Persebaran
Sumber Daya Alam dan pemanfaatannya
|
· Siswa menjelaskan pengertian macam-macam
sumber daya alam (SDA)
· Siswa menyebutkan manfaat Sumber Daya
Alam (SDA)
· Siswa menyebutkan hasil persebaran sumber
daya alam (SDA)
· Siswa berakhlak mulia untuk menjaga
kelestarian Sumber Daya Alam (SDA)
· Siswa menempel gambar persebaran Sumber
Daya Alam (SDA)
· Siswa menempatkan
contoh Sumber Daya Alam (SDA)
dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
|
· Menjelaskan pengertian macam-macam
sumber daya alam (SDA)
· Menyebutkan manfaat Sumber Daya
Alam (SDA)
· Menyebutkan hasil persebaran
sumber daya alam (SDA)
· Membangun
sikap berakhlak
mulia untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA)
· Menempel gambar persebaran Sumber
Daya Alam (SDA)
· Menempatkan contoh Sumber Daya Alam (SDA)
dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian macam-macam sumber daya
alam!
2. Sebutkan manfaat sumber daya alam!
3. Sebutkan hasil persebaran sumber daya alam!
4. Bagaimana
sikap kalian untuk menjaga lingkungan?
5. Sebutkan masing-masing 3 contoh sumber daya
alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui!
|
2 x 45 menit
|
·
Budi Sutrisno, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional
·
Gambar persebaran sumber daya alam
·
Kertas karton
|
MATERINYA ADAKAH
BalasHapus